Berita Terbaru :

Benua Amerika Dan Benua Eurasia Akan Bersatu

Thursday, November 29, 2012



Benua Amerika Dan Benua Eurasia Akan BersatuLempeng benua di Bumi terus bergerak. Ini akan membuat bentuk benua di Bumi saat ini akan berbeda dengan kondisinya nanti. Para ahli geologi dari Universitas Yale, Amerika Serikat, memperkirakan Benua Amerika akan bertabrakan dengan Benua Eurasia (Eropa dan  Asia) pada 50 juta-200 juta tahun mendatang.

 Tabrakan akan terjadi di kutub utara bumi hingga laut Arktik hilang. Kondisi sama akan terjadi pada benua Australia yang akan menjadi satu dengan Afrika. Prediksi ini dipublikasikan dalam jurnal Nature awal februari. ‘Pemodelan yang kami lakukan menunjukan Amerika Selatan akan bergabung dengan  Amerika Utara dan menghilangkan Laut Karibia,” kata Ross Mitchell dari Univesitas Yale kepada BBC.

Pada 300 tahun lalu, Bumi terdiri atas satu superbenua besar yang disebut Pangea. Akibat aktifitas tektonik Bumi, lempeng Bumi bergerak saling menjauhi satu sama lain, hingga terbentuk benua-benua seperti saat ini. Pangea merupakan perkembangan dari superbenua  sebelumnya yang disebut Nuna pada 1,8 miliar tahun lalu dan Rodinia pada 1 miliar tahun lalu.

Superbenua yang nantinya akan terbentuk pasca-tabrakan Benua Amerika dengan Eurasia akan dinamai Amasia. Superbenua baru ini akan menggabungkan  Benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika dan Australia. Hanya Antartika yang diperkirakan tidak bergabung dalam superbenua baru itu. Namun, para peneliti belum dapat memastikan dimana dan kapan superbenua Amasia terbentuk. (BBC/MZW)

Sumber : Koran Kompas

Related Posts :



Judul : Benua Amerika Dan Benua Eurasia Akan Bersatu
URL : http://www.newblackgames.com/2012/11/benua-amerika-dan-benua-eurasia-akan.html
Di Bagikan oleh : Iwan Purwanto
Pada Tanggal : Thursday, November 29, 2012
Jam : 1:27 AM

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Berbagi Hal Menarik Di Dunia | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.