Berita Terbaru :

Virus Berbahaya Menyerang Komputer Kita

Friday, April 12, 2013

Virus Berbahaya Menyerang Komputer Kita-Di tahun 2013 ternyata masih banyak sekali virus-virus baru yang bermunculan, dari virus tingkat biasa, sedang, hingga yang paling berbahaya ketika sudah menginfeksi komputer kita, virus-virus itu tentunya punya kemampuan spesial hingga bisa tetap eksis dan tiada habisnya. Entah itu dengan menggandakan diri, kelihaiannya menyamar, kecepatan infeksinya, ataupun kecerdasan program virusnya.

Di bawah ini ada 10 Daftar Virus Komputer Paling Terkenal :
1. Ramnit
merupakan salah satu virus yang telah sukses menggantikan peran Sality di awal tahun 2011 dalam menginfeksi komputer dan file executable. Sejak Januari hingga saat ini, sudah banyak komputer yang telah terinfeksi virus ini. Selain Ramnit virus lain yang menyebar di awal tahun 2011 yaitu Webmoner dan FontAgent.

2. Webmoner
Virus ini memiliki kemiripan dengan Ramnit yaitu membuat 4 file shortcut, tetapi file virus pemicunya justru memiliki extension sys yaitu file mso.sys.

3. FontAgent
Virus ini juga memiliki file shortcut, hanya saja file virus pemicunya justru memiliki extension fon (Font file) seperti setup50045.fon atau setup50039.fon.

4. FakeAV

Termasuk salah satu virus yang cukup terkenal sejak 2 tahun lalu juga tidak mau kalah di tahun ini. Tercatat 2 artikel telah dipublish oleh Vaksincom terhadap serangan varian malware ini.

FakeAV merupakan virus yang menggunakan metode aplikasi keamanan palsu (Antivirus Palsu) untuk mengelabui pengguna komputer dengan notifikasi dan pesan-pesan bahwa komputer telah terinfeksi virus dan meminta pengguna komputer untuk mengaktifkan antivirus palsu tersebut dengan cara melakukan pembayaran online.

 5. Kolab
Demam Facebook juga ikut merambah metode penyerangan virus di tahun 2011 kemarin. Dengan memanfaatkan fungsi status dan Facebook Chat, banyak hal yang terjadi seperti pishing (artikel Pishing FB Chat), celah XSS (artikel XSS), scam (artikel Scam) hingga penyebaran malware, salah satunya Kolab, merupakan virus Facebook Chat yang cukup heboh karena memiliki kemampuan Metamorphic.
Setiap malware yang disebarkan melalui FB Chat, walaupun memiliki ukuran dan nama yang sama, tetapi justru memiliki algoritma hash yang berbeda.

Selain itu, Kolab memanfaatkan teknik FakeURL (link palsu) seolah-olah pengguna komputer mendownload file gambar (JPG), padahal yang diunduh adalah virus.

 6. MacSecurity
Varian virus ini cukup heboh di pertengahan tahun 2011 karena memiliki 5 varian yang berbeda tetapi sama yaitu MacDefender, MacGuard, MacProtector, MacShield dan MacSecurity.

Memiliki karakter yang sama seperti FakeAV yang berjalan di Windows, MacSecurity mengelabui pengguna komputer dengan notifikasi dan pesan-pesan bahwa komputer telah terinfeksi virus dan meminta pengguna komputer untuk mengaktifkan antivirus palsu tersebut dengan cara melakukan pembayaran online.

7. Slugin
Salah satu varian virus yang menyebarkan spam juga ikut meramaikan persaingan di tahun 2011 kemarin. Jika di tahun-tahun sebelumnya ada Virut, maka tahun ini Slugin menjadi biang dari penyebaran spam yang tidak jelas. Dengan memanfaatkan akun email pengguna komputer yang terinfeksi, maka Slugin mengirimkan spam kepada kontak-kontak yang dimiliki oleh pengguna komputer tersebut.

 8.BitCoinMiner/DorkBot
Inilah Trojan Zbot pencari uang yang cukup handal. Dengan adanya mata uang digital, dan adanya pula program bisnis penghasil uang dengan cara menambang (Bitcoin Mining), pembuat virus menjadikan hal ini sebagai salah satu cara yang cukup praktis.

Dengan melakukan BitCoin Mining pada ribuan komputer terinfeksi, maka akan dengan mudah menghasilkan uang yang cukup banyak. BitCoinMiner sendiri memiliki 2 varian virus yang pertama menggunakan icon abjad pada file virus sebagai penyebaran. Sedangkan varian kedua menggunakan metode dari Kolab dengan menyebarkan file virus melalui Facebook Chat. File tersebut pun berbeda, karena menggunakan icon wanita sexy untuk menarik perhatian.

9.Stuxnet
Merupakan salah satu virus yang cukup heboh karena efek yang cukup nyata. Dengan membuat space hardisk korban menjadi habis sehingga memunculkan peringatan “Low Disk Space”. Hal ini karena Stuxnet membuat file sampah berukuran besar yang terus membengkak.

10. Virus Android
Seperti menggantikan peran dari Windows Mobile, Android di tahun ini cukup meroket dan bahkan hampir setiap hari banyak aplikasi yang dibuat khusus untuk sistem operasi tersebut. Tetapi justru hal tersebut menjadi buah simalakama karena di antara jutaan aplikasi itu merupakan virus jejadian. Di awali dari trojan Android. Plankton yang menyerang menggunakan nama aplikasi game Angry Birds, hingga Android.Gongfu, Android.Wukong, Android.SmsSend dan Android.DreamExploid yang banyak menyerang aplikasi-aplikasi, terutama game.

15 Virus Berbahaya Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah-KOMPAS.com — Perusahaan keamanan komputer Kaspersky Lab, dalam ulang tahunnya yang ke-15, mengingatkan kembali mengenai 15 virus komputer paling berbahaya dan kompleks yang telah menyerang jaringan komputer di dunia.
Virus Berbahaya Menyerang Komputer Kita

Berikut 15 virus berbahaya paling berpengaruh dalam sejarah, sebagaimana disampaikan Kaspersky dalam siaran persnya, Selasa (17/7/2012):

    1986, Brain, virus PC yang pertama muncul: virus ini menyebar dengan menuliskan kodenya pada boot sector atau floppy disk.
    1988, worm Morris menginfeksi sekitar 10 persen komputer yang tersambung ke internet (sekitar 6.000 komputer).
    1992, Michelangelo, virus pertama yang menarik perhatian media secara masif.
    1995, Concept, virus makro pertama.
    1999, Melissa, mengawali era e-mail massal malware yang mengakibatkan epidemik global.
    2003, Slammer, worm fileless *tanpa file), mengakibatkan epidemik masif di seluruh dunia.
    2004, Cabir: Proof-of-Concept for Symbian yang pertama; disebarkan melalui Bluetooth.
    2006, Leap, virus pertama Mac OSX
    2007, Worm Storm [Zhelatin] memelopori penggunaan distributed C&C server.
    2008, Koobface, malware pertama yang menjadikan Facebook sebagai targetnya.
    2008, Conficker, salah satu epidemik terbesar dalam sejarah, menginfeksi perusahaan, pengguna rumahan dan pemerintah di lebih dari 200 negara.
    2010, FakePlayer, Trojan SMS pada Android.
    2010, Stuxnet, penyerangan bertarget pada sistem SCADA [Supervisory Control and Data Acquisition]; menandai munculnya era perang cyber
    2011, Duqu, Trojan canggih yang mengumpulkan intelijen mengenai targetnya
    2012, Flame, program berbahaya sangat canggih yang secara aktif digunakan sebagai senjata cyber untuk menyerang entitas di beberapa negara.

Kaspersky Lab didirikan di bawah kepemimpinan Eugene Kaspersky dan co-founder. Berawal dari hanya 20 karyawan pada tahun 1997, Kaspersky Lab berkembang menjadi perusahaan keamanan privat terbesar dunia, dengan lebih dari 2.400 karyawan di sekitar 200 negara di seluruh dunia.

Kaspersky Lab mengembangkan konten keamanan dan solusi manajemen ancaman, menyediakan keamanan IT untuk lebih dari 300 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk lebih dari 200.000 perusahaan.

Dengan tingkat kepakaran timnya, Kaspersky Lab mengklaim baru-baru ini berhasil mengungkap beberapa malware paling kompleks yang pernah ada di dunia, seperti Cabir, Duqu, dan yang paling terkenal, malware Flame.

"Lima belas tahun adalah waktu yang lama untuk berada dalam bisnis yang sama. Namun, percaya atau tidak, saya masih menyukainya. Saya cinta tim ini dan saya cinta pekerjaan saya."

"Dalam 15 tahun terakhir kami bekerja sepanjang waktu setiap hari, menganalisis dan menghadapi segala jenis ancaman IT yang telah berevolusi dalam rentang waktu tersebut mulai dari hooliganisme cyber, penjahat cyber, sampai ke perang cyber.

"Yang terpenting saat ini adalah bekerja sama menghadapi ancaman digital. Serangan terkini seperti Stuxnet, Duqu, dan Flame telah menunjukkan seberapa rapuhnya infrastruktur IT terhadap ancaman militer dan teroris."

"Namun, kami berusaha sekuat kami demi mencegah potensi kerusakan yang bisa terjadi akibat dari penyerangan seperti ini,” ujar Eugene Kaspersky, CEO dan co-founder Kaspersky Lab.

Semoga Bermanfaat
Sumber artikel meliputi :
http://tekno.kompas.com/read/2012/07/19/06305412/15.Virus.Komputer.Paling.Berbahaya.dalam.Sejarah

http://braygritty.blogspot.com/2012/12/daftar-nama-virus-terkenal-di-dunia.html

Related Posts :



Judul : Virus Berbahaya Menyerang Komputer Kita
URL : http://www.newblackgames.com/2013/04/virus-berbahaya-menyerang-komputer-kita.html
Di Bagikan oleh : Iwan Purwanto
Pada Tanggal : Friday, April 12, 2013
Jam : 9:46 AM

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Berbagi Hal Menarik Di Dunia | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.