Berita Terbaru :

Penyakit Kleptomania 62 Persen Dialami Kaum Perempuan

Thursday, August 1, 2013

Penyakit Kleptomania 62 Persen Dialami Kaum Perempuan  - Apa itu penyakit Kleptomania ? Dorongan Mencuri Tiba-tiba, Kleptomania (bahasa Yunani: κλέπτειν, kleptein, "mencuri", μανία, "mania") adalah penyakit jiwa yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Benda-benda yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya adalah barang-barang yang tidak berharga, seperti mencuri gula, permen, mainan, sisir, atau barang-barang lainnya.

Sang penderita biasanya merasakan rasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan mencuri tersebut. Tindakan ini harus dibedak`n dari tindakan mencuri biasa y`ng biasanya didorong oleh motivasi keuntungan dan telah direncanakan sebelumnya.

Gejala Kleptomania mencakup :
  • Dorongan yang kuat dan mendesak untuk mencuri item yang tidak perlu
  • Bagi si penderita adrenalinnya terpacu saat melakukan pencurian.
  • Penderita merasa nikmat atau puas saat mencuri
  • Merasa bersalah atau malu setelah mencuri
PENYEBAB
Kebanyakan orang sering menyamakan kleptomania dengan pencuri atau pengutil. Mereka memang mengambil sesuatu yang bukan miliknya. Kleptomania disebabkan gangguan jiwa, sedangkan pengutil disebabkan kebiasaan buruk. Tapi kleptomania beda dengan mengutil, bukan saja dari pencetusnya tapi juga dari kadar barang-barang yang diambilnya.

Kleptomania bukan penyakit turunan dan banyak ditemui pada wanita. Kemungkinannya, sih, penyebab gangguan ini adalah gangguan biologis atau psikologis. Gangguan psikologis bisa terjadi karena pola asuh yang salah waktu kecil, atau juga karena kejadian-kejadian tertentu yang pernah dialaminya.Bisa juga hal ini karena penderitanya mengalami depresi, dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengambil barang milik orang lain. Penderita klepto hanya mengambil barang-barang yang sebenarnya tidak berharga atau berguna untuknya.

Study membuktikan bahwa penyakit kleptomania identik dengan perempuan, penyakit kleptomania atau tukang nguntil atau pencuri kecil ini banyak diderita oleh perempuan. Kasus kaum hawa yang menjadi pencuri ulung kian marak. Menurut statistik, kleptomania atau gangguan kejiwaan yang mendorong seseorang untuk nekat ‘ngutil’ alias mencuri justru lebih banyak diderita oleh perempuan.

Sebuah penelitian di Stanford University mengungkap, 62,5 persen penderita kleptomania adalah perempuan sementara 37,5 persen sisanya adalah laki-laki. Usia rata-rata saat didagnosis positif mengidap gangguan kejiwaan ini adalah 45,6 tahun. Berdasarkan status perkawinannya, kleptomania lebih banyak diderita oleh laki-laki maupun perempuan yang sudah menikah atau punya pasangan yakni 47,5 persen. Sisanya adalah lajang sebanyak 27,5 persen serta duda atau janda yakni sebanyak 25 persen.

Tidak ada perbedaan mencolok secara statistik terkait status pekerjaan para penderita kleptomania. Sebanyak 45 persen adalah pengangguran, terpaut sedikit dari karyawan tetap yakni 40 persen, sedangkan sisanya 15 persen adalah pekerja paruh waktu.

Dikutip dari NCBI, kleptomania merupakan gangguan kejiwaan yang menjangkiti 6 dari 1.000 orang di seluruh dunia. Di Amerika Serikat sendiri, jumlah penderitanya saat ini diperkirakan mencapai 1,2 juta orang. Gangguan ini menyebabkan seseorang tidak bisa menahan diri untuk mengambil sesuatu yang bukan haknya secara diam-diam.

Tujuannya bukan untuk memperkaya diri, melainkan hanya untuk kepuasan karena biasanya barang-barang curian itu juga tidak pernah digunakan. Kleptomania sering menjadi pertimbangan dalam penanganan kasus pencurian. Diperkirakan dari semua kasus pencurian yang terjadi di pusat-pusat perbelanjaan, 5 persen di antaranya melibatkan penderita kleptomania sehingga tidak bisa diproses secara hukum.


Penyakit Kleptomania 62 Persen Dialami Kaum Perempuan

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kleptomania
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts :



Judul : Penyakit Kleptomania 62 Persen Dialami Kaum Perempuan
URL : http://www.newblackgames.com/2013/07/penyakit-kleptomania-62-persen-dialami.html
Di Bagikan oleh : Iwan Purwanto
Pada Tanggal : Thursday, August 1, 2013
Jam : 7:32 AM

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Berbagi Hal Menarik Di Dunia | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.