Berita Terbaru :

Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB)

Thursday, September 26, 2013

Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB) - Susah buang air besar adalah suatu keadaan dimana terjadi keterlambatan atau kesulitan pengosongan isi perut yang terjadi akibat dari feses yang terlalu keras atau volume feses terlalu kecil. Penyebab sembelit biasanya karena kebiasaan mengkonsumsi makanan yang rendah kadar serat dan airnya atau bisa juga karena kebiasaan mengabaikan keinginan buang air besar. BAB atau sembelit mempunyai efek kurang nyaman pada tubuh kita. Akan tetapi, jika dibiarkan maka menimbulkan suatu penyakit,

Banyak orang yang tidak mau menceritakan keluhan ketika mereka menalami susah BAB, mungkin karena gengsi atau malu, Membahas tantang susah buang air besar memang terdengar menjijikan, akan tetapi ini penting untuk kita ketahui supaya tidak terjadi gangguan-gangguan pada tubuh kita.

Gejala dari susah buang air besar :
  • Perut terasa begah, penuh dan terlihat lebih buncit dari biasanya.
  • Stres, tubuh tidak fit dan mudah cepat lelah
  • Sering buang angin dengan aroma tak sedap, ini karena tubuh sudah terlalu menyimpan kotoran dan membuat gas yang dikeluarkan beraroma tak sedap.
Penyebab susah buang air besar :
Pola makan yang tidak seimbang, seperti kurangnnya makanan berserat.
Kurangnya cairan yang menyebabkan feses mengeras. Kebiasaan menunda buang air besar.

Salah Makan
Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu susah buang air besar. Makanan-makanan kalengan atau olahan, daging merah, dan juga gorengan seringkali menyebabkan susah buang air besar. Selain itu, minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi juga bisa menjadi pemicu sembelit.

Suka menahan BAB
Suka menahan buang air besar juga sering dilakukan oleh sebagian orang. Padahal hal ini bisa meredupkan hasrat naluriah atau sinyal untuk buang air besar.

Beberapa alasan mengapa sebagian orang suka menahan buang air besar biasanya dikarenakan terlalu sibuk atau tidak menemukan toilet ketika di area publik.

Kurang aktivitas gerak dan pekerjaan yang menuntut terlalu lama duduk,
hal tersebut menyebabkan usus besar kurang bekerja sehingga feses sulit turun.

Pikiran Stres
Faktor psikologis dapat mempengaruhi kinerja sistem darah secara keseluruhan. Contohnya pada orang yang sedang dilanda stres, saraf-saraf pencernaannya dapat terganggu, menyebabkan gerak peristaltik usus tidak bekerja dengan normal. Hal ini akan mengakibatkan susah buang air besar. Sembelit akibat stres tidak perlu ditangani dengan bantuan obat, cukup dengan menghindari stres.

Gangguan pada sistem pencernaan, seperti kanker dan radang dinding usus.
Efek samping obat tertentu seperti obat antidepresan.

Dan berikut ini cara mengatasi nya :
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti rumput laut dan sayur mayur.
  • Konsumsi buahan yang banyak mengandung air dan bersifat lunak, seperti pisang dan pepaya. 
  • Minum air minimal 2 liter perhari, ini sangat berguna untuk membuat fesee anda menjadi lunak.
  • Biasakan buang air besar setiap hari, karena jika dibiasakan akan membuat tubuh secara alami terbiasa. 
  • Hindari makan dalam porsi banyak, selain dapat membuat sembelit juga membuat sistem pencernaan tidak bekerja secara maksimal. 
  • Kurangi minuman yang banyak mengandung kafein, seperti teh dan kopi.
  • Jangan duduk terlalu lama, jika terpaksa melakukkannya.
  • Usahakan untuk berdiri dan melakukan gerak-gerak kecil setiap 2 jam sekali.Olahraga, ini sangat efektif untuk mengatasi sembeli karena metobolisme tubuh akan semakin lancar.

Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB)

Berikut ini ada beberapa ramuan obat tradisional alami untuk mengobati dan mengatasi masalah susah buang air besar yang bisa Anda coba:

1. Obat alami susah buang air besar
Siapkan 30 gram daun alamanda kemudain direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya diminum selagi hangat. Cara pemakaian : Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala hingga merata. Setelah agak kering, lakukan secara teratur 2 kali seminggu.

2. Obat alami susah buang air besar
Siapkan daun umbi jalar sebanyak 60 gram lalu direbus denga air secukupnya kemudian airnya diminum selagi hangat dan daunnya dapat dimakan.
Cara pemakaian : Gunakan keesokkan harinya untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat secara merata dan biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

3. Obat alami untuk susah buang air besar
10 gram bubuk temu lawak diseduh dengan 200 mL air hangat lalu diminum.
Cara pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

4. Obat alami untuk susah buang air besar

Cuci bersih 60 gram daun ubi jalar dan 60 gram kangkung, lalu tumis atau rebus dengan air secukupnya.Cara pemakaian : Makan sekaligus

5. Obat alami untuk susah buang air besar
Cuci bersih 300 gram buah papaya, 200 gram nanas setengah matang, lalu haluskan dengan blender, tambahkan air sebanyak 200 ml. Cara pemakaian : Minum sekaligus. Cara lain, bahan dimakan sebagai buah segar.

6. Obat alami untuk susah buang air besar

100 gram daun lidah buaya yang telah dikupas dan diiris-iris kecil, direbus dengan 200 mL air hingga mendidih, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Cara pemakaian : Minum hangat-hangat dan makan daun lidah buayanya. Lakukan 2 kali sehari.

7. Obat alami untuk susah buang air besar
Makan sebanyak 150 gram buah pepaya masak. Cara pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

8. Obat alami untuk susah buang air besar
Cuci 2 potong temulawak kemudian parut dan tambahkan sedikit asam. Campurkan dengan air matang dan beri gula secukupnya. Cara pemakaian: Ramuan tersebut diminum hingga susah buang air besar anda teratasi.

Bagi anda yang mengonsumsi obat-obatan yang dapat membuat sembelit, usahakan untuk mengkonsumsi vitamin C, agar dapat menyeimbangkan keadaan tubuh.
       
Bagi bayi yang mengonsumsi susu formula biasanya juga akan mengalami sembelit.
Untuk melunakkanya, usahakan untuk memberi ASI untuk bayi sampai umur 2 tahun. Sedangkan untuk umur 2 tahun keatas, berikanlah buah-buahan dan sayuran yang sudah dihaluskan menjadi bubur.

Sekedar informasi untuk menambah wawasan kita. Bagi Anda yang mempunyai bayi kurang lebih belum 40 hari umurnya, kita tidak bisa kan memprediksi bahwa bayi tersebut kapan mau buang air kecil atau buang air besar, supaya tidak repot ganti - ganti popoknya.

Sesudah bayi diberi asi ibu atau sudah di mandiin, biasanya selang 3 jam akan buang air, supaya anak tersebut tidak buang air di celana, usapkan air agak dingin ke perutnya tapi jangan terlalu dingin juga ya, nanti selang beberapa saat anak tersebut akan buang air kecil. Untuk buang air besar usap - usap aja bagian pungung di atas bokong bayi tersebut, selang beberapa saat akan mengeluarkan BAB. Menurut pendapat bebrapa orang, popok yang instant itu kurang baik untuk bayi. Jadi disarankan memakai popok yang dari kain saja, soalnya popok yang instant itu biasanya mengakibatkan iritasi pada kulit bayi.

Mulailah hidup sehat dari sekarang, karena harus kalian tahu, kesehatan memiliki nilai yang sangat tinggi di bandingkan harta yang ada di dunia.

Sumber artikel meliputi :
http://ichibanha.blogspot.com/2013/05/tips-buat-yang-suang-buang-air-besar-bab.html
http://www.artikelkesehatan99.com/5-penyebab-susah-buang-air-besar/#
http://www.inicaraku.com/obat-tradisional-alami-untuk-mengatasi-susah-buang-air-besar.html

Semoga Bermanfaat
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts :



Judul : Cara Alami Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB)
URL : http://www.newblackgames.com/2013/09/cara-alami-mengatasi-susah-buang-air.html
Di Bagikan oleh : Iwan Purwanto
Pada Tanggal : Thursday, September 26, 2013
Jam : 11:42 AM

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Berbagi Hal Menarik Di Dunia | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.