Berita Terbaru :

Cara Melakukan Pemeriksaan Hard Disk Pada Komputer

Thursday, September 26, 2013

Cara Melakukan Pemeriksaan Hard Disk Pada Komputer- Seperti yang kita ketahui, komputer yang sering kita gunakan memang harus kita lakukan perawatan sejak dini, supaya komputer tersebut memilki fungsi dan kinerja yang baik. Perawatan komputer secara berkala akan membuat komputer itu tampil secara maksimal.

Apakah komputer Anda sering hang, restart sendiri atau kinerja komputer anda kian terasa lambat sekali ? jika anda mengalami salah satu hal di atas, kemungkinan besar hard disk anda sudah terkena bad sector. Bad sector adalah suatu kondisi dimana hardisk anda sudah mengalami aus sehingga ada bagian (sector) tertentu yang tidak bisa terbaca. Hal tersebut terjadi karena komputer anda sering dimatikan tidak secara semestinya (tekan tombol restart atau listrik yang tiba-tiba padam).

Pengertian Hard Disk
Hard disk drive (HDD, hard drive, hard disk, atau disk drive) adalah perangkat untuk menyimpan dan mengambil informasi digital, terutama data pada komputer. Ini terdiri dari satu atau lebih cakram keras yang berputar dengan cepat (sering disebut sebagai piringan keras), dilapisi dengan bahan magnetik dan dengan kepala magnet diatur untuk menulis data ke permukaan dan membaca data dari hard disk itu.

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa.

Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.

Hard disk yang terkena bad sector akan mengakibatkan kinerja komputer menurun drastis atau juga sering mengalami hang bahkan blue screen.

Pengertian Blue Screen
Blue screen of death (BSOD, Bahasa Inggris: Layar Biru Kematian), atau kadang disebut "layar biru" (bluescreen) saja adalah istilah populer untuk layar yang ditampilkan Microsoft Windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh Microsoft). BSOD milik Windows NT, 2000, XP, Vista, 7, maupun Windows 8 biasanya lebih serius daripada Windows sebelumnya. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini.

Diantaranya driver peralatan yang tidak bagus, kesalahan memori, registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok. Berbagai bentuk BSOD terdapat pada seluruh sistem operasi Windows sejak Windows 3.1. BSOD merupakan pengganti black screen of death (layar hitam kematian) yang muncul pada OS/2 dan MS-DOS.[1] Dalam versi awal dari Windows Vista juga terdapat red screen of death atau layar merah kematian, yang digunakan pada kesalahan boot loader.

Keadaan bad sector terkadang juga mengakibatkan rusaknya data yang tersimpan di area yang terkena bad sector. Ingin tahu apakah hard disk anda mengalami keadaan demikian di atas? Cek hard disk komputer anda, bagaimana caranya?

Sebenarnya, pada windows XP sudah tersedia tools yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi hard disk, namun karena fasilitas ini berada di under dos, saya rasa buat yang awam seperti saya informasi yang dihasilkan kurang bisa dipahami.

Nah jika anda ingin melakukan pengecekan kondisi hard disk anda dengan mudah, ada beberapa pilihan tools atau software pihak ke 3 yang mampu menghasilkan informasi yang cukup lengkap dan mudah dipahami diantaranya adalah HD Tune dan HDDScan.

HD Tune Pro 3.50 – Hard Disk Utility
HD Tune Pro menjadi pilihan software terbaik untuk melakukan checking hard disk. Banyak informasi yang akan kita dapatkan, 4 diantaranya adalah Benchmark, Info, Health dan Error Scan.

1. Benchmark akan memberikan anda informasi kecepatan baca tulis dan waktu akses hard disk komputer.
2. Info akan memberikan anda informasi detail hard disk anda, mulai dari fitur apa saja di support oleh drive anda serta informasi tentang firmware drive anda.
3. Health memberikan anda informasi kondisi kesehatan hard disk (health status).
4. Error scan. Fitur ini akan memberikan anda laporan apakah ada error pada hard disk anda dan fitur inilah yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan apakah hard disk yang anda miliki sudah terkena bad sector atau belum. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, jangan gunakan modus quick scan. Jika hasil dari error scan ada yang berwarna merah itu berarti hard disk anda sudah mengalami kerusakan (bad sector).
HDDScan 3.2
Berbeda dengan HD Tune, software yang satu ini dikususkan untuk mengecek kondisi hard disk (low level HDD scan). Kelebihan dari HDDScan adalah HDDScan mampu memberikan informasi yang lebih detail yaitu dengan menampilkan waktu akses masing-masing blok (bagian) pada hardisk anda. Tidak hanya itu, kelebihan lain terletak pada kemampuannya melakukan pengecekan (scanning) pada beberapa media IDE/SATA/SCSI hard disk drives, RAID arrays, external USB/Firewire hard disks dan juga Flash cards.

Untuk melakukan scanning anda hanya tinggal meng klik 2 kali file HDDScan.exe dan klik S.M.A.R.T dan lihat report nya. Hard disk yang memiliki kondisi baik bertanda hijau pada hasil scan nya. Jika anda tanda berbentuk tanda seru, itu menandakan ada suatu masalah pada hard disk anda.

Setelah mengetahui kondisi hard disk komputer anda, sekarang anda dapat mengetahui apa yang menyebabkan komputer anda tidak berjalan sesuai keinginan (sering blank, lambat dan blue screen), saatnya mengambil tindakan. Sebelum mengambil tindakan untuk mengganti hard disk anda, ikuti langkah cara memperbaiki hard disk yang terkena bad sector pada artikel selanjutnya,.

Cara Melakukan Pemeriksaan Hard Disk Pada Komputer

Download HD Tune Pro
Download HDDScan 3.2

Sekedar mengingatkan, dipostingan sebelumnya ada 30 Jenis Kerusakan Pada Komputer dan Cara Memperbaikinya

Semoga Bermanfaat
Sumber artikel meliputi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Blue_Screen_of_Death
http://kopipekat.wordpress.com/2010/07/01/cek-kondisi-hard-disk/
http://likekomputer.blogspot.com/2012/03/pengertian-hard-disk-apa-itu-hard-disk.html
http://agakewl.blogspot.com/2009/01/mengenal-harddisk-lebih-dalam.html

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts :



Judul : Cara Melakukan Pemeriksaan Hard Disk Pada Komputer
URL : http://www.newblackgames.com/2013/09/cara-melakukan-pemeriksaan-hard-disk.html
Di Bagikan oleh : Iwan Purwanto
Pada Tanggal : Thursday, September 26, 2013
Jam : 6:31 PM

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Berbagi Hal Menarik Di Dunia | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.