Berita Terbaru :

Peran Seorang Ayah Mempengaruhi Mental Anak

Saturday, September 7, 2013

Peran Seorang Ayah Mempengaruhi Mental Anak - Bagi sebagian orang, peran ayah sebagai pengasuh dipandang hanya akan berdampak kepada anak laki-laki saja dan kurang berdampak bagi anak perempuan. " Pandangan itu tidaklah salah, namun juga tidak sepenuhnya benar. Baik bagi anak laki-laki maupun anak perempuan, peran seorang ayah memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan mereka" tutur Johannes Dicky Susilo MPSI dari Fakultas Psikologi Unika Widya Mandala.
Bagi anak laki-laki, keterlibatan aktif seorang ayah akan menjauhkan mereka dari perilaku-perilaku negatif ketika mereka beranjak dewasa. Seorang ayah yang baik akan menjadi model peran (Role Model) yang positif dan dapat membantu mereka utntuk memiliki identitas jender (seorang laki-laki) yang sehat serta dapat menyadari perasaan dan emosi secara lebih baik.

Bagi anak perempuan, keterlibatan aktif seorang ayah terutama dalam 5 tahun pertama cenderung lebih sehat, secara mental dan psikologis. Hal itu akan terlihat dari kepribadian mereka yang lebih independen, lebih simpatik, dan lebih percaya diri. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa keterlibatan aktif seorang ayahdalam pengasuhan akan menjauhkan anak perempuan dari pergaulan bebas yang negatif seperti premarital seks dan narkoba.

Keterlibatan seorang ayah dalam pengasuhan tidak berarti seorang ayah harus berperan seperti seorang ibu mengasuh anak-anaknya. Gaya atau cara seorang ayah mengasuh berbeda dengan gaya atau cara ibu mengasuh. Hal itu wajar dan memang diperlukan. Beberapa ahli psikologi berpendapat bahwa gaya pengasuhan ayah yang cenderung kasar dan keras seperti mengangkat, mengayun, menggelitik dan mengejar anak merupakan cara untuk membantu anak belajar tentang emosi-emosi. Permainan-permainan yang menegangkan memungkinkan akan sang anak merasa sedikit ketakutan sekaligus merasa senang dan bersemangat.
Peran Seorang Ayah Mempengaruhi Mental Anak
Seorang ayah yang baik adalah ayah yang mau berusaha mengerti, memahami dan melindungi, serta mempunyai rasa tanggung jawab besar kepada keluarga.

Semoga Bermanfaat
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda 

Related Posts :



Judul : Peran Seorang Ayah Mempengaruhi Mental Anak
URL : http://www.newblackgames.com/2013/09/peran-seorang-ayah-mempengaruhi-mental.html
Di Bagikan oleh : Iwan Purwanto
Pada Tanggal : Saturday, September 7, 2013
Jam : 10:23 AM

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Berbagi Hal Menarik Di Dunia | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.