Berita Terbaru :

3 Cara Mengamankan Jaringan WiFi Tidak Mudah Ditembus

Friday, September 11, 2020

3 Cara Mengamankan Jaringan WiFi Tidak Mudah Ditembus - Tahukah anda ? Di Jaman modern seperti saat ini, banyak sekali orang yang beralih menggunakan jaringan wifi ketimbang paket data. 

Alasan utamanya ialah jaringan wifi dinilai lebih efisien serta hemat dalam pemakaiannya. Sebagai contoh, membeli paket data 1 bulan minimal harga 50 rb untuk 1 orang/handphone, sedangkan jika memakai wifi sama-sama bayar 50 rb bisa untuk 3 orang, lumayan hemat kan !

Sebagian orang mungkin masih memilih menggunakan paket data dengan alasan karena tuntutan pekerjaannya yang sering menghabiskan waktu di luar rumah. Jadi kesimpulannya, memakai wifi ataupun paket data semua tergantung kebutuhan masih-masing individu.

Membahas soal jaringan wifi, tidak bisa dipungkiri akan ada orang yang mencoba mencuri sinyal, kemungkinan itu semua akan terjadi bila sang pemilik wifi tidak melakukan langkah pengamanan terlebih dahulu. Anda mungkin ingin baca ini 3 Cara Cepat Mengetahui Password Wifi Terbaru

Di bawah ini ada bebarapa langkah pengamanan jaringan wifi yang mungkin bisa dicoba :

1. Menggunakan Aplikasi Block WiFi Freeloader.
Aplikasi Block Wifi Freeloader adalah salah satu aplikasi yang menyediakan fitur keamanan untuk jaringan wifi.

a. Download Aplikasi Block WiFi Freeloader di Google Play Store atau App Store.
b. Lakukan proses instalasi dan tunggu hingga prosesnya selesai.
c. Pastikan perangkat anda sudah terhubung pada jaringan internet, lalu buka aplikasi tersebut.
d. Pada tampilan awal akan muncul nama jaringan wifi anda dan semua perangkat yang sudah terhubung dengannya, Klik "Rescan" untuk memastikan semua perangkat disekitar anda terdeteksi.
e. Selanjutnya, anda bisa mengubah status perangkat yang terhubung. Jika melihat perangkat yang tak dikenal, langsung ubah statusnya menjadi “Stranger” dengan masuk ke Router Manager, lalu Pilih Block. Dan untuk perangkat yang dikenal pilih Known.

Jika langkah diatas dilakukan dengan benar, maka jaringan wifi anda sudah aman dari para pencuri sinyal, dan perangkat yang sudah anda block tadi tidak bisa terhubung kembali di jaringan wifi anda.

2. Lakukan Filter Alamat MAC atau IP Address

Setiap perangkat (device) atau hardware tentunya memiliki sebuah alamat MAC atau IP Address yang berbeda-beda. Intinya tidak mungkin sama.

Alamat MAC atau IP Address berguna untuk mendaftarkan ke router anda agar perangkat lain yang tidak terdaftar tidak bisa tersambung dengan router milik anda.

Dengan melakukan cara ini, orang yang pernah mencoba atau sudah menembus password WiFi jika menggunakan MAC atau IP Address yang sama 'tidak bisa' lagi mencuri sinyal pada modem/router anda, walaupun orang tersebut mengetahui password wifi anda.

Sebagai contoh handphone anda memiliki MAC Address Ae:A2:Ae:A3:A8 lalu anda masukkan ke pengaturan modem, itu artinya selain handphone anda tidak ada yang bisa tersambung ke jaringan wifi tersebut.

Cara Mengaktifkan alamat MAC atau IP Address Ke Router WiFi

Sebagai catatan : cara pengaktifan ini menggunakan modem Telkom-IndieHome.

a. Langkah awal, anda masuk ke pengaturan modem dengan mengetik IP Address 192.168.1.1. Ini merupakan IP default. Apabila anda tidak tahu bisa langsung menanyakannya ke Teknisi Telkom IndieHome.
b. Setelah berhasil masuk, pada menu Security, Firewall, lalu klik MAC Address, lalu klik Enable.
c. Tambahkan alamat MAC atau IP Address dengan cara menekan tombol “Add”.
d. Pilih  Apply lalu lakukan restart pada modem anda.

 

3. Mematikan Fitur WPS Di Pengaturan Wireless Router

WPS adalah cara alternatif untuk tersambung pada WiFi tanpa menggunakan password. Jadi, sekuat apapun password yang anda gunakan, tetap saja bisa ditembus apabila fitur WPS ini masih dalam kondisi aktif. Bahkan saat ini ada beberapa software/aplikasi yang fungsinya bisa membaca pin WPS.

Untuk itu disarankan, anda segera menonaktifkan fitur WPS ini agar tingkat keamanan jaringan wifi anda aman dari pencuri sinyal wifi.

Semoga Bermanfaat
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts :



Judul : 3 Cara Mengamankan Jaringan WiFi Tidak Mudah Ditembus
URL : https://www.newblackgames.com/2020/09/3-cara-mengamankan-jaringan-wifi-tidak.html
Di Bagikan oleh : Berbagi Hal Menarik Di Dunia
Pada Tanggal : Friday, September 11, 2020
Jam : 7:30 PM

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Berbagi Hal Menarik Di Dunia | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.